Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM sebagai fokus pelaksanaan reformasi birokrasi merupakan langkah awal dalam penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Dalam pembangunan ZI, terdapat indikator yang harus dipenuhi oleh setiap unit kerja atau satuan kerja yang terbagi dalam dua komponen besar yaitu komponen pengungkit dan komponen hasil. Untuk itu sivitas akademika FMIPA Unimed melaksanakan Penandatanganan pakta integritas di Gedung Prof. Syawal Gultom pada Jumat 15 Desember 2023.

Adapun yang melakukan penandatangan pakta integritas dalam acara pencanangan ZI dilakukan oleh Dekan FMIPA, Wakil Dekan, Kajur, Kaprodi, Ka. Lab, Dosen Fungsionaris dan tendik FMIPA Unimed, dan disaksikan oleh Ketua Reformasi Birokrasi Internal (RBI) Unimed Prof. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si,. Penandatangan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen dan keseriusan pimpinan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan FMIPA Unimed.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Dr. Ani Sutiani, M.Si. mengatakan kita semua memiliki komitmen untuk melakukan reformasi birokrasi untuk tetap berkomitmen membangun birokrasi yang bersih melayani dengan sepenuh hati. Sejak tahun 2021 kita sudah mencona untuk melakukan berbagai aktifitas dalam upaya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani namun kita belum sampai pada predikat tersebut, tetapi itu tidak menjadi pesimis untuk kita terus melakukan terobosan terobosan sehingga zona integritas ini bisa kita capai.

Lanjut Dekan, berdasarkan hasil analisis yang sudah dilakukan salah satu faktor mengapa kita belum mendapatkan predikat tersebut adalah kita belum memiliki budaya komitmen terhadap pembangunan di dalam Fmipa ini untuk menuju birokrasi yang bersih. Melalui zona integritas ini tentunya kita akan melakukan perubahan kearah yang lebih baik untuk menjaga integritas dilingkungan Fmipa.

Prof. Dr. Melva Silitonga, M.S. sebagai Ketua ZI di Lingkungan FMIPA Unimed menyampaikan pakta integritas adalah perjanjian yang merupakan persetujuan yang di buat oleh dua pihak tentang kesepakatan akan mutu, potensi, kemampuan dalam menjaga wibawa kejujuran. Dengan penandatanganan pakta integritas ini diharapkan seluruh civitas akademia di lingkungan FMIPA dapat berkomitmen untuk menjaga integritas dan proaktif melakukan pencegahan dan pemberantasan terhadap korupsi, kolusi dan nepotisme.(Humas Unimed/dv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *