Bandung, 1 Desember 2023. 

Mahasiswa Unimed mengukir pretasi di kegiatan tahunan mahasiswa nasional Tahun 2023 Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 di Universitas Padjajaran, Bandung. Acara tersebut dilaksanakan dari 25 November hingga 1 Desember 2023. Event bergengsi bagi mahasiswa Indonesia ini diikuti sebanyak 525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi di Indonesia. Ada sebanyak 2.411 peserta dan 77 juri yang terlibat dalam kegiatan PIMNAS tahun ini.

PIMNAS ke-36 merupakan event sangat bergensi bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program BPTI untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. PIMNAS ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan BPTI . PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Unimed tahun ini berhasil menghantarkan 8 Tim PKM yang lolos mengikuti PIMNAS 36 di Unpad Bandung. Kedelapan tim yang lolos ini sudah melewati tahapan kompetisi yang sangat ketat. Tim PKM yang lolos ini juga sudah merupakan prestasi yang luar biasa, karena telah bersaing dengan ribuan Tim PKM dari seluruh kampus di Indonesia. Alhamdulilah Tim PKM Unimed di PIMNAS tahun ini berhasil meraih 4 kategori juara dalam berbagai bidang PKM. Adapun Tim PKM Unimed yang berhasil raih juara adalah : Juara II Poster bidang PKM PM An. Fadilah dan tim, Juara Favorit Presentasi diantaranya PKM PI diraih oleh Tim Asla Romaito, PKM KI oleh Tim Yudi Ramadhoni dan PKM RSH oleh Tim SitiWardani.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. mengucapkan selamat kepada Tim Mahasiswa Unimed yang menorehkan prestasi pada PIMNAS ke 36 di Unpad. Tahun ini kita meraih 1 medali Perak dan 3 Juara Favorit. Kami berharap prestasi ini terus ditingkatkan dan menjadi bekal pengalaman bagi mahasiswa yang bertanding. Untuk tim mahasiswa yang belum membuahkan prestasi, tetap semangat dan belajar semoga tahun depan dapat membuahkan prestasi yang membanggakan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang telah meluangkan waktunya dan tenaganya untuk membimbing mahasiswa kita, sehingga dapat melaju ketingkat nasional. Kami akan terus mendorong dan mensupport mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan meraih prestasi. Semoga prestasi ini memantik mahasiswa lainnya untuk terus produktif dan aktif dalam mengikuti berbagai kompetisi.

Prof. Dr. Marice. Wakil Rektor III Unimed, saat acara penutupan mengatakan, kami Tim PKM Unimed sangat bangga dengan prestasi mahasiswa di PIMNAS 36 di Unpad ini. Kita bersyukur meraih 4 juara dalam beberapa kategori PKM yang dikompetisikan. Kedelapan Tim PKM mahasiswa Unimed yang lolos ke PIMNAS ini sebenarnya mereka juga sudah juara. Namun karena mereka harus bersaing dengan ratusan Tim PKM dari ratusan perguruan tinggi di Indonesia, kita belum banyak meraih prestasi tahun ini. Kami di kantor WR3 dan Tim PKM yang sudah berjuang di PIMNAS tahun ini, semoga menjadi pengalaman berharga dan akan kami jadikan dasar untuk merancang langkah-langkah strategis agar PIMNAS tahun 2024 di UNAIR Surabaya, Tim PKM Unimed akan lebih berhasil meraih prestasi yang membanggakan bagi kampus hijau Unimed. (Humas Unimed/js).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *