Webinar Fisika 2020: Riset dan Peluang Kerja Masa dan Pasca Pandemi Covid-19

CategoriesProdi Fisika

Fisika FMIPA, Universitas Negeri Medan (Rabu/03 Juni 2020)

Salah satu permasalahan yang timbul akibat dampak Covid-19 ini adalah aktivitas riset dan lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi yang hampir tidak ada. Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan seminar daring (webinar) yang diselenggarakan oleh Jurusan Fisika FMIPA Unimed, Rabu 3 Juni 2020. Kegiatan webinar tersebut diselenggarakan melalui aplikasi zoom meeting dengan menghadirkan narasumber ahli di bidang riset dan peluang kerja bagi lulusan baru (fresh graduate) perguruan tinggi. Dalam laporannya, ketua pelaksana yang sekaligus ketua program studi Fisika Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si memaparkan bahwa kegiatan webinar ini sengaja dirancang untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada masa dan pasca pandemi Covid-19 ini khususnya dalam bidang riset dan peluang kerja. Seperti kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 membawa dampak negatif pada semua bidang kehidupan manusia termasuk aktifitas riset dan peluang kerja. Hampir semua riset yang berbasis laboratorium dan lapangan berhenti. Begitu juga lapangan kerja hampir tidak ada pada saat ini. Astel panggilan akrab dari Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si ini menambahkan bahwa tema yang diangkat kali ini sangat menarik untuk didiskusikan, terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar sampai hari Selasa kemarin adalah sebanyak 849 orang. Adapun peserta webinar ini datang dari kalangan Dosen, Peneliti, Guru, Fresh graduate, Mahasiswa dan swasta. Sedangkan jika dikelompokkan berdasar institusi para peserta hadir mewakili 127 Institusi Pendidikan Tinggi dan 10 Lembaga lainnya atau Kementerian di luar Kemendikbud. Jika dilihat dari asal propinsi, maka penyebaran peserta datang dari 20 Provinsi di seluruh Indonesia.

Sementara itu Dekan FMIPA Unimed, Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena sangat membantu dan memberikan pencerahan bagi peneliti khususnya dosen dan juga bagi mahasiswa yang baru lulus untuk melihat peluang kerja. Dr. Fauziyah mengharapkan melalui kegiatan ini para narasumber dapat berbagi pengalaman, berbagi ilmu, untuk bisa membantu kegiatan riset dan peluang kerja pada masa dan pasca covid-19 ini. Lanjut Dekan, ide ini muncul karena adanya persoalan-persoalan pada saat adanya pandemi ini ditengah kehidupan mahasiswa kami, mahasiswa kita mengalami keterbatasan langkah untuk melaksanakan penelitiannya terutama untuk fisika-fisika murni. Mereka terhalang untuk ke Laboratorium. Dengan adanya webinar kita pagi ini mudah-mudahan seluruh peserta mendapatkan wacana baru untuk melanjutkan riset mereka.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam webinar ini adalah Prof. Dr. Nurdin Bukit, M.Si (Sekretaris Physical Society of Indonesia cab. Sumut yang juga sekaligus Guru Besar Fisika FMIPA Unimed); Arjon Turnip, PhD., (Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-LIPI yang juga chair of IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapters) dan dari praktisi adalah Rahmat Halomoan Rambe (senior Vice President PT. Indosat Mega Media)

Dalam paparannya para narasumber memberikan tips dan strategi untuk tetap eksis melakukan aktifitas riset selama pandemi Covid-19 ini. Arjon Turnip, PhD dalam paparannya disampaikan bahwa menulis artikel dan mereview jurnal merupakan bagian dari kegiatan riset. Oleh karena itu masa sekarang ini adalah waktu yang sangat tepat untuk produktif dalam menulis dan mereview jurnal. Sementara itu Prof. Nurdin Bukit, M.Si mengungkapkan beberapa topik penelitian yang sangat relevan dilakukan saat ini diantaranya adalah pembuatan alat pelindung diri (APD) dari hasil sintesis beberapa bahan lokal yang bersifat nanokomposit dan ramah lingkungan. Dari sisi peluang lapangan kerja, Rahmat Halomoan Rambe menyampaikan bahwa sebagai umat manusia kita harus bergeser dari paradigma “responsif terhadap krisis” menjadi “antisipatif terhadap krisis”. Dengan begitu kita akan tetap mampu eksis dan survive dalam menghadapi krisis yang sedang melanda seperti masa pandemi Covid-19 saat ini.

Adapun moderator dalam kegiatan ini adalah Dr. Wawan Bunawan, M.Si.,M.Pd. yang juga merupakan Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unimed. Diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan para narasumber dapat berjalan dengan baik berkat panduan dan arahan dari moderator yang selalu disampaikan setiap kesempatan. Sebelum penutupan, Wakil Dekan I FMIPA Unimed. Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Sc memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia  terutama kepada ketiga narasumber yang dengan tulus mensukseskan acara webinar tersebut. Hadir juga dalam acara tersebut Dr. Dewi Wulandari, M.Si, Ketua Prodi Pendidikan Fisika yang juga sebagai pembawa acara, Sabani, S.Pd.,M.Si (Sekretaris Jurusan Fisika FMIPA Unimed), Mukti Hamjah Harahap, M.Si (Kepala Laboratorium Fisika), Budiman Nasution, M.Si, Irham, M.Pd, Rajo Hasim Lubis, M.Pd dan beberapa dosen fisika lainnya.

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *