Terbentuknya Prodi Fisika dimulai ketika Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (IKIP Medan) berubah menjadi Universitas Negeri Medan (Unimed) sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 35/M/Tahun 2003. Oleh sebab itu, beberapa pemekaran prodi dilakukan di Unimed salah satunya terbentuklah Prodi Fisika dengan nomor SK pendirian PS dengan nomor 910/D/T/1998 pada tanggal 15 April 1999 di bawah naungan Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Medan dengan nomor SK izin operasional No. 123/DIKTI/KEP/2007 pada tanggal 31 Agustus 2007.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari tujuh ratus lulusan Prodi Fisika yang telah mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si) yang telah tersebar dan bekerja pada berbagai instansi-instansi. Sementara itu, tenaga pendidik di Prodi Fisika terdiri dari tujuh belas orang yang empat diantaranya merupakan guru besar, delapan orang memiliki kualifikasi S3 dan lima orang berkualifikasi S2 yang dua diantaranya sedang menyelesaikan studi S3.

 

Pada awalnya, Prodi Fisika dibentuk dengan Visi ”Program studi yang unggul dalam Fisika Terapan secara Nasional” dan misi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Pendidikan Fisika Terapan yang bermutu
  2. Melaksanakan Penelitian Fisika Terapan yang bermutu
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berkaitan bidang Fisika Terapan
  4. Menyelenggarakan layanan praktikum bermutu di laboratorium fisika
  5. Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif di prodi fisika

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Visi dan Misi tersebut direvisi sesuai dengan kebutuhan pihak-pihak terkait seperti pengguna lulusan yang terus berubah secara kontinu.

Untuk ketercapaian Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) pada dasarnya Prodi Fisika memiliki empat bidang keahlian yaitu Material, Kebumian, Instrumentasi, dan Komputasi. Namun, prodi memfokuskan pada bidang material dan kebumian karena dukungan oleh berbagai potensi sumber alam di wilayah Sumatera Utara. Penelitian-penelitian tentang dua bidang ini telah banyak dilaksanakan dan dipbuliksaikan oleh stakeholder Fisika dalam tingkat Nasional dan Internasional.