Daftar Mata Kuliah dan Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Fisika

 

No Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Deskripsi Mata Kuliah
1 FIS 4201 Kalkulus Diferensial Mata kuliah ini memuat konsep-konsep dasar kalkulus untuk dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan perubahan fisik, maupun non fisik seperti bidang fisika, kimia, ekonomi, dll. Uraian materi meliputi fungsi, limit fungsi, turunan dan aplikasinya, integral tentu, penerapan integral tentu dan integral tak wajar.
2 FIS 4202 Fisika Umum Mata kuliah ini membahas konsep dasar fisika meliputi : vektor, gerak partikel, usaha, impuls, momentum, elastisitas, benda tegar, fluida, teori kinetik gas, dan termodinamika.
3 FIS 4203 Kimia Umum Mata kuliah ini membahas konsep dan teori tentang : atom, molekul, sifat kimia/sifat fisika zat, konsentrasi dan sifat koligatif larutan, reaksi redoks/elektro kimia, kinetika kimia, kesetimbangan kimia, dan energetika.
4 FIS 4204 Biologi Umum Biologi umum membahas tentang konsep kehidupan, sel dan organ, komposisi kimia dan organisme, transport pada jaringan tumbuhan dan hewan, keanekaragaman, metabolisme, reproduksi, koordinasi saraf dan hormonial, sifat kebakaan, organisme dan lingkungan serta adaptasi dan evolusi.
5 FIS 4205 Bahasa Inggris untuk Fisika This course consist of English for academic purpose with the emphasize on reading text book related to Physical science, writing short observation and experimental report with a poper English structure.
6 FIS 4206 Alat Ukur Fisika Dalam mata kuliah ini terutama dibahas sistem pengukuran dan alat-alat ukur fisika secara teoritis. Pengukuran lebih ditekankan ke konsep-konsep dasar pengukuran dan konsep-konsep dasar alat-alat ukur fisika yang umum digunakan mencakup alat ukur mekanik, alat ukur listrik magnet, alat ukur tahanan dan alat ukur AC.
7 MKU Kepemimpinan Mata kuliah Kepemimpinan membahas bagaimana kepemimpinan mengefektifkan organisasi. Efektivitas pencapaian tujuan organisasi itu sangat tergantung pada kualitas bantuan atau kerjasama yang diciptakan dan dikembangkan pemimpin, baik yang dilakukan dengan cara perseorangan maupun kelompok di dalam atau diluar organisasi. Untuk mencapai Efektivitas pencapai tujuan organisai tersebut diperlukan teori – teori kepemimpinan dan gaya kepemimpinan masing – masing . Disamping itu keberhasilan pemimpin mengefektifkan organisasi , sangat dipengaruhi oleh factor-faktor : penyelenggaraan program program untuk meningkatkan kemampuan kerja anggota organisasi (Organisasi Belajar (Learning Organization/LO dan Pengembangan Organisasi ( Organizational Development ), kondisi kecerdasan : Inteligensi/kecerdasan intelektual ( Intelektual Intelligence ), Kecerdasan Emosional ( Emotional Intelligence ), (Kecerdasan Enterpreneur ( Entrepreneur Intelligence ), dan ( Kecerdasan Adversitas/Ketahanan ( Advertasy Intelligence ), dan ketrampilan yang dimiliki (Teknik, manusiawi dan konseptual ). Selanjutnya pemimpin juga perlu memahami budaya organisasi, manajemen dan pemberdayaan SDM , dan pengambilan keputusan dalam kepemimpinan untuk mengefektifkan organisasi.
8 FIS 4207 Fisika Lingkungan Perkuliahan ini berupa kegiatan pembahasan gejala-gejala dan proses fisis yang terjadi di alam dan interaksinya dengan makhluk hidup.
9 FIS 4208 Kalkulus Integral Konsep dasar dan pembahasan mengenai Integral Tak Tentu, Integral Tentu, Teorema Dasar Integral, Integral Bentuk Tak Tentu dan Integral Tak Wajar, Teknik Pengintegralan serta penerapan Integral.
10 FIS 4209 Fisika Dasar Dalam perkuliahan ini dibahas konsep-konsep yang menjadi landasan pengetahuan fisika bertolak dari pengetahuan fisika yang telah diperoleh di SMU. Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini mencakup: Getaran, Gelombang, Optik Geometri, Elektrostatik, Listrik Dinamis, Induksi Elektromagnetik, Arus Bolak-balik, Gejala Kuantum, Atom dan Inti Atom.
11 FIS 4210 Teknologi Informasi dan Literasi Data Konsep dasar dan pembahasan mengenai Integral Tak Tentu, Integral Tentu, Teorema Dasar Integral, Integral Bentuk Tak Tentu dan Integral Tak Wajar, Teknik Pengintegralan serta penerapan Integral.
12 FIS 4211 Rekayasa dan Desain Matakuliah ini memberikan pengantar tentang ilmu rekayasa dan desain, dasar-dasar keilmuan yang integratif dan penerapannya pada masalah rekayasa dan desain sederhana, pemahaman dan pengalaman tentang bidang multidisiplin dan bekerja dalam tim, motivasi belajar pada tingkat lanjut dan pengetahuan tentang isu kontemporer.
13 FIS 4212 Matriks Ruang Vektor Untuk menyajikan dasar-dasar aljabar linear tentang sistem persamaan linear dan matriks, vektor di ruang 2 dan ruang 3, ruang-ruang vector, transformasi linear, nilai eigen dan vektor eigen, penerapan-penerapan, ruang vektor kompleks.
14 FIS 4213 Rangkaian Listrik Mata kuliah ini membicarakan Rangkaian Listrik DC dab AC yang meliputi hukum eksperimental, teknik menganalisis rangkaian, rangkaian transient dan analisis sinusoidal serta aplikasinya.
15 FIS 4214 Instrumentasi Dalam mata kuliah ini terutama dibahas tentang instrumentasi Fisika secara teoritis.pembahasan mencakup pokok-pokok bahasan dalam jangkauan yang cukup luas, sehingga dalam beberapa bahasan tertentu kurang mendalam bahasannya. Pengukuran lebih ditekankan pada konsep-konsep dasar instrumentasi fisika dari pada pembahasan pengolahan hasil pengukuran dan keterampilan teknik instrumentasi.
16 FIS 4215 Instrumentasi Dalam mata kuliah ini terutama dibahas tentang instrumentasi Fisika secara teoritis.pembahasan mencakup pokok-pokok bahasan dalam jangkauan yang cukup luas, sehingga dalam beberapa bahasan tertentu kurang mendalam bahasannya. Pengukuran lebih ditekankan pada konsep-konsep dasar instrumentasi fisika dari pada pembahasan pengolahan hasil pengukuran dan keterampilan teknik instrumentasi.
16 MKU Pend. Pancasila Pendidikan Pancasila adalah salah satu matakuliah universiter bidang Pengembang Kepribadian (MPK) yang bertujuan untuk mengembangkan sikap, perilaku, pola pikir, wawasan, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa sebagai warga negara Indonesia sesuai dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Mahasiswa diharapkan memahami hakekat Pendidikan Pancasila, Mampu Menjelaskan dan memahami Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai Ideologi negara, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai sistem etika dan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu.
17 MKU Pend. Kewarganegaraan Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan ( Kewiraan ) bersifat wajib lulus bagi seluruh mahasiswa program S1 dan D3, berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara,serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi waga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negaranya.
Mata kuliah ini mengkaji : (1) .Hak dan kewajiban warga negara (2) Pendidikan pendahuluan bela negara (3) Demokrasi Indonesia (4) Hak Asasi Manusia (5) Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia (6) Ketahanan Nasionional sebagai Geostrategi Indonesia (7) Politik dan Strategi nasional sebagai Implementasi Geostrategi Indonesia.
18 MKU ISBD Mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar ini memberikan wawasan tentang keanekaragaman, kesederajatan, dan kebermartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial berkehidupan masyarakat. Juga memberikan pemahaman tentang estetika, etika, dan nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesejahteraan hidup dalam menata hidup bersama dalam masyarakat.
19 FIS 4216 Matematika Fisika Mata kuliah ini berupa kegiatan pembahasan dan penerapan berbagai cara analisis dalam menyelesaikan soal-soal fisika dengan menggunakan matematika. Topik-topik yang dibahas meliputu: Deret, Bilangan Kompleks, Vektor dan Geomertik Ruang, Deret Fourier, Turunan Parsial, Intregral Lipat dan Transformasi Intregral, dan Analisis Vektor.
20 FIS 4217 Metode Numerik Dalam mata kuliah ini dibahas tentang analisa numeric pembahasan mencakup pokok bahasan seperti sistem bilangan dan kesalahan system persamaan linear, persamaan tak linier, analisa regresi & persamaan diferensial.
21 FIS 4218 Elektronika Dasar** Mata kuliah ini membicarakan pemahaman elektronika dasar, meliputi pengetahuan tentang semikonduktor, dioda semikonduktor, BJT ( Biopolar Junction Transistor) dan JFET.
22 FIS 4219 Statistika Dasar Memperhatikan dan melatihkan penggunaan metode-metode statistik dalam pengumpulan, tabulasi,analisis, presentasi, dan interpretasi data. Lingkup kajian meliputi: penyajian data, distribusi frekuensi, uji hipotesis, uji kesamaan dua varians dan dua rata-rata, uji kesamaan beberapa rata-rata, analisis korelaqsi dan anlisis regresi. Juga memperkenalkan dan melatih beberapa software aplikasi statistik. Meruapkan mata kuliah dasar bagi mahasiswa pendidikan fisika.
23 FIS 4220 Termodinamika Kuliah ini merupakan kegiatan dan pendalaman Fika Dasar yang menjadi dasar Fisika Statistik serta berbagai kuliah terapan yang menyangkut sifat Termodinamika. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah suhu, sistem dan persamaan keadaan, usaha luar, kalor dan hukum ke-I, gas ideal, hukum ke-II, entropi dan potensial termodinamik.
24 MKU Pend. Agama Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum/pengembangan kepribadian yang diberikan kepada semua mahasiswa pada semua program studi non-dik yang ada di Universitas Negeri Medan. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Makna, Tujuan, dan Metodologi Memahami Agama; Manusia, Agama, Al-Kitab.
25 MKU Bahasa Indonesia Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan kepribadian bahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif); (2) menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan; (3) memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.
26 FIS 4221 Persamaan Diferensial dalam Fisika Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai metode dan teknik Matematika Fisika seperti Integral Biasa dan Integral Lipat dari Fungsi, Matriks dan Determinan, Turunan Parsial dari Fungsi, serta Persamaan Diferensial Biasa (PDB). Isi mata kuliah disajikan secara interaktif melalui proses informatif, diskusi, dan latihan. Penjelasan materi perkuliahan dilakukan melalui pendekatan pemecahan masalah terutama sebanyak mungkin dikaitkan dengan masalah-masalah fisika terkait.
27 FIS 4222 Getaran dan Bunyi Mata kuliah getaran ini membicarakan tentang getaran harmonis sederhana, getaran teredam berat, getaran teredam kritis, dan bunyi.
28 FIS 4223 Rangkaian Terpadu Elektronika Analog 2, mencakup materi tentang respons frekuensi penguat, umpan balik tegangan dan arus, rangkaian regulator power supply, phase shift oscillator, Colpitts Oscillator, Hartley Oscillator, Wein Bridge Oscillator, rangkaian PWM (pulse width modulation), penguat daya push – pull, dan complementer, rangkaian filter pasip dan aktip. Aplikasi beberapa IC penting seperti : IC – Timer 555, IC regulator, Op-amp 741, IC-Power Amplifier hybrid.
29 FIS 4224 Pengolahan Data eksperimen Mata kuliah Pengolahan Data Eksperimental ini meliputi Pencocokan Data, Korelasi dan Regresi, serta Transformasi Data.
30 FIS 4225 Algoritma & Pemrograman Komputer Pembahasan tentang penyusunan program komputer menggunakan teknik pemrograman terstruktur dan berorientasi objek untuk visualisasi dan komputasi gejala fisika. (Bahasa yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan software). Pokok-pokok bahasan meliputi : langkah-langkah pembuatan program, konstanta dan variabel, tipe data sederhana, logika dasar pemrograman, pembuatan sub program, pembuatan modul bantu program, pemakaian objek, tipe data terstruktur, variabel dinamis, pemrograman grafik dan pemrograman basis data.
31 FIS 4214 Magang Pengenalan Dunia Industri Mata kuliah ini memberikan mahasiswa kemampuan untuk melaksanakan studi lapangan dengan industri, badan yang berhubungan dengan fisika misalnya BMG,, kegiatan perkuliahan ini meliputi integrasi teori dengan keadaang di lapangan (industri, badan, dll). Melakukan analisis data dan mempresentasikan hasilnya sesuai dengan latar belakang dan interes mahasiswa.
32 FIS 4226 Kewirausahaan Kuliah ini dirancang untuk mahasiswa tingkat akhir dan bertujuan untuk mendidik mahasiswa dalam memahami konsep kewirausahaan, hakiki kewirausahaan, merancang dan pengimplemen keilmuan wirausaha. Individu yang memiliki jiwa entrepreneur adalah individu yang mengenal potensi dirinya dengan baik Termasuk resiko dan persaingan pasar.
33 FIS 4227 Metode Penelitian Fisika Mata kuliah ini membahas tentang eksperimen-eksperimen Fisika dan Metode Ilmiah atau Metode Eksperimen, mencakup akan segala segi penelitian termasuk perencanaan, pengertian alat ukur dan keterbatasannya, kepercayaan terhadap hasil pengukuran, penganalisaan data dan evaluasi serta kesimpulan. Sehingga pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu merancang eksperimen, menganalisa data yang dinyatakan dalam bentuk laporan lengkap.
34 FIS 4228 Fisika Statistika Pembahasan secara teoritis sifat-sifat makroskopik sistem fisis yang diturunkan melalui analisis sifat sifat mikroskopik yang berkaitan dengan aras energi atom atau molekul yang menyusun sistem. Pembahasan dimulai dengan mengenalkan konsep bobot statistik, entropi dan fungsi partisi secara fisika statistik. Pembahasan selanjutnya meliputi penerapan konsep entropi pada pembahasan: sistem terisolir, sistem kolaqm kalor. Penerapan konsep entropi pada: defek Schottkey, energi bebas Helmhotz dan energi Gibs, zat padat paramagnetik, pendinginan adiabatik. Distribusi Maxwell Botzmann dan penerapannya pada gas ideal. Distribusi Fermi Dirac, distribusi Bose-Einstein dan penerapannya pada : gas elektron, emisi thermion, pembahasan radiasi benda hitam, kalor jenis gas, kalor jenis zat padat. Fungsi patisi umum atau grand partition funtion
35 FIS 4229 Pengantar Optik Modern kuliah ini merupakan pembahasan dan pemahaman konsep Optika Fisis serta penerapannya pada alat optik
36 FIS 4230 Mekanika Mata kuliah ini bertujuan agar dikuasai diskripsi matematis untuk interaksi mekanika yaitu interaksi antara benda-benda perantara gaya dan pemecahan model matematik yang digunakan untuk beberapa macam gerak.
37 FIS 4242 Fisika Material* Mata kuliah ini membicarakan jenis bahan, sifat struktur logam, sifat mekanik bahan, dan penerapannya pada teknologi.
38 FIS 4243 Kristallografi* Mata kuliah membicarakan tentang geometri kristal yang mencakup sifat dan simetri kristal, sel satuan dan kisi kristal proyektil dan grup titik, grup ruang, krisis resiprokol serta penentuan struktur kristal dengan metode optik dan difraksi sinar X.
39 FIS 4244 Fisika Keramik* Dalam matakuliah ini akan dibahas pengertian dan kegunaan keramik (Sifat umum keramik & Gelas, jenis keramik dan aplikasi pasar, sejarah perkembangan keramik), Konsep Dasar Keilmuan Keramik (Struktur & Ikatan atom dalam keramik, Binary compound, imperfection of ceramics), Struktur Kristal (spinel, perovskite, Silikat, Mica, Clay, Pyroxene, Mullite, Zeolit, dll), Diagram Fasa Keramik dan Glass (Gibb Phase Rules 1,2,3 Komponen, Konruen & Inkonruen), Karakterisasai Material Keramik (Furnace, Karakteristik Struktur, Cacat, dan Dislokasi), Struktur, Pembentukan, dan Sifat Glass (Pembentukan, struktur dan sifat, glass ceramic, Proses Manufaktur Keramik & Glass (Pembuatan Serbuk, Sol-Gel, Platelet, Shaping & Forming), Gelas Keramik & Gelas (Viscositas, cacat pada gelas, Pewarnaan Gelas, Precipitasi dan kritalisasi pada gelas), Properties of ceramic (Sifat mekanik bahan keramik, Sifat termal, Sifat listrik dan magnet, sifat optik, dll).
40 FIS 4245 Material Komposit* Material Komposit adalah salah satu mata kuliah pilihan dalam program studi Teknik Mesin yang menekankan pada pengenalan dan pemahaman struktur mikro, pemrosesan dan kaitannya dengan sifat-sifat bahan komposit untuk keperluan tertentu dalam bidang keteknikan. Dalam perkuliahan Material Komposit ini akan membahas tentang materi pekuliahan sebagai berikut: Pengenalan Dasar-Dasar Material Komposit, Struktur Material Komposit dan Pemrosesan; Serat Karbon dan Bahan Pengisi Nano (Nanofiller); Sifat-Sifat Mekanis Material Komposit; Durabilitas dan Degradasi Material; Material Untuk Struktur Ringan, Infrastruktur Sipil, Penggabungan dan Perbaikan; Pembuatan Material Komposit; Sifat-Sifat Elektrik Material Komposit; Sifat-Sifat Panas Material Komposit; Sifat-Sifat Mekanis Material Komposit Partikulat; Prinsip Dasar Self Healing Material Komposit; Self Healing Komposit Polimer Diperkuat Serat; Self Healing Dalam Aluminium Alloy; Self Healing Komposit Epoksi; Material Komposit Polimer Dari Sumber Terbarukan.
41 FIS 4226 Kewirausahaan Kuliah ini dirancang untuk mahasiswa tingkat akhir dan bertujuan untuk mendidik mahasiswa dalam memahami konsep kewirausahaan, hakiki kewirausahaan, merancang dan pengimplemen keilmuan wirausaha. Individu yang memiliki jiwa entrepreneur adalah individu yang mengenal potensi dirinya dengan baik Termasuk resiko dan persaingan pasar.
42 FIS 4227 Metode Penelitian Fisika Mata kuliah ini membahas tentang eksperimen-eksperimen Fisika dan Metode Ilmiah atau Metode Eksperimen, mencakup akan segala segi penelitian termasuk perencanaan, pengertian alat ukur dan keterbatasannya, kepercayaan terhadap hasil pengukuran, penganalisaan data dan evaluasi serta kesimpulan. Sehingga pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu merancang eksperimen, menganalisa data yang dinyatakan dalam bentuk laporan lengkap.
43 FIS 4228 Fisika Statistika Pembahasan secara teoritis sifat-sifat makroskopik sistem fisis yang diturunkan melalui analisis sifat sifat mikroskopik yang berkaitan dengan aras energi atom atau molekul yang menyusun sistem. Pembahasan dimulai dengan mengenalkan konsep bobot statistik, entropi dan fungsi partisi secara fisika statistik. Pembahasan selanjutnya meliputi penerapan konsep entropi pada pembahasan: sistem terisolir, sistem kolaqm kalor. Penerapan konsep entropi pada: defek Schottkey, energi bebas Helmhotz dan energi Gibs, zat padat paramagnetik, pendinginan adiabatik. Distribusi Maxwell Botzmann dan penerapannya pada gas ideal. Distribusi Fermi Dirac, distribusi Bose-Einstein dan penerapannya pada : gas elektron, emisi thermion, pembahasan radiasi benda hitam, kalor jenis gas, kalor jenis zat padat. Fungsi patisi umum atau grand partition funtion.