Prodi Fisika FMIPA, Universitas Negeri Medan (Jum’at/01 November 2019)

Program Studi Sarjana Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan (Unimed) kini telah terakreditasi A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 4070/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019 tanggal 30 Oktober 2019.  Peringkat ini dicapai setelah sebelumnya (tanggal 24-26 Oktober 2019) dilakukan asesmen lapangan (AL) oleh asesor BAN-PT yakni Dr. Cuk Imawan, M.Si dari Departemen Fisika Universitas Indonesia dan Dr. Mitrayana dari departemen Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun nilai yang diperoleh Prodi Fisika Unimed untuk peringkat tertinggi ini adalah sebesar 377 dan berlaku sejak ditetapkan hingga 30 Oktober 2024.

Sertifikat Akreditasi Prodi Fisika Unimed dengan peringkat A

Ketua Program Studi Sarjana Fisika, Dr. Juniastel Rajagukguk, M.Si saat menerima SK menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Pimpinan Unimed mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas, Ketua LPPMP dan Ketua LPPM atas dukungan penuh sejak awal hingga proses pelaksanaan asesmen lapangan. Saya melihat komitmen pimpinan Unimed sangat menentukan hasil akreditasi ini karena berkaitan dengan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam melaksanakan kegiatan akademik di tingkat prodi. Dr. Juniastel menambahkan bahwa kunci keberhasilan di tingkat prodi ini berada pada kekompakan dan sinergitas antara dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan (stakeholder external). Senada dengan itu, Dr. Cuk Imawan dan Dr. Mitrayana, ketika memberikan sambutan akhir penilaian mengungkapkan bahwa sangat terharu dan salut melihat kekompakan semua elemen dalam mensukseskan akreditasi Prodi Fisika tersebut. Terlihat dari kehadiran semua tim dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan mulai dari awal sampai akhir AL masih tetap berada di sekitar laboratorium fisika.

Foto bersama Asesor BAN-PT dengan pimpinan FMIPA Unimed, dosen dan mahasiswa fisika

Disisi lain, akreditasi A ini menjadi sebuah modal utama bagi Prodi Fisika FMIPA Unimed untuk dapat meraih akreditasi Internasional. Seperti diketahui beberapa lembaga Internasional bergengsi yang melakukan penilaian akreditasi adalah ASEAN University Network -Quality Assurance (AUN-QA), Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dan Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN. Untuk bisa sejajar dengan Program Studi atau departemen Fisika secara Internasional, maka satu-satunya jalan adalah mendorong Prodi ini terakreditasi Internasional. Tentu jika terakreditasi Internasional, maka lulusan akan sangat mudah mendapatkan lapangan pekerjaan yang bonafit dan meningkatkan daya saing secara nasional dan internasional. Jika diberi kesempatan dan didukung penuh pimpinan, Astel panggilan singkat Dr. Juniastel Rajagukguk,M.Si menyatakan siap untuk meraih akreditasi Internasional ini. Karena dari sisi SDM kami sudah siap dimana ada empat professor dan sekitar 90% dosen akan bergelar doktor pada tahun 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *